Pages

Subscribe:

Jumat, 27 Januari 2012

Mengenal Bunga Bangkai (Amorphophallus) dan Jenis Macamnya

Bunga bangkai atau suweg adalah sekelompok tumbuhan dari genus Amorphophallus yang merupakan anggota dari famili dari Araceae (tals-talasan). Jenis yang paling dikenal dari bunga bangkai (Amorphophallus) adalah bunga bangkai raksasa atau suweg raksasa atau titan arum yang mempunyai nama latin Amorphophallus titanum dan Amorphophallus gigas atau Sumatera Giant Amorphophallus. Amorphophallus titanum memegang rekor sebagai bunga dengan struktur perbungaan tertinggi di dunia di susul Amorphophallus gigas diurutan kedua.
Karena keawaman kita sering kali menganggap bunga bangkai sebagai satu spesies (jenis) saja padahal bunga raksasa dan tertinggi ini terdiri atas sekitar 170 spesies di seluruh dunia. Yang lenbih parah, tidak sedikit yang menyamakan bunga bangkai dengan bunga Rafflesia. Padahal antara Amorphophallus dan Rafflesia adalah dua bunga yang berbeda meskipun sama-sama berukuran raksasa dan mengeluarkan bau busuk. Perbedaan bunga bangka dengan rafflesia dapat dibaca di artikel saya tentang Perbedaan Rafflesia Arnoldii dan Bunga Bangkai.
Mengenal Ciri Bunga Bangkai (Amorphophallus). Bunga bangkai dalam bahasa latin disebut Amorphophallus yang berasal dari bahasa Yunani Kuno “Amorphos” yang berarti “cacat, tanpa bentuk” dan “phallos” yang berarti “penis”.
Bunga bangkai raksasa atau titan arum (Amorphophallus titanum)
Bunga bangkai (Amorphophallus) merupakan tumbuhan khas dataran rendah yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis mulai dari kawasan Afrika barat hingga ke Kepulauan Pasifik termasuk di Indonesia. Sebagian besar, bunga bangkai merupakan spesies endemik.
Bunga bangkai yang merupakan tumbuhan dengan bunga majemuk terbesar dan tertinggi di dunia ini termasuk tanaman dari suku talas-talasan (araceae) dengan bentuk dan ukuran umbi yang bervariasi pada setiap jenisnya.
Bunga bangkai (Amorphophallus) mengalami dua fase dalam hidupnya yang berlangsung secara bergantian dan terus menerus, yakni fase vegetatif dan fase generatif. Pada fase vegetatif di atas umbi bunga bangkai tumbuh batang tunggal dan daun yang mirip daun pepaya. Hingga kemudian batang dan daun menjadi layu menyisakan umbi di dalam tanah.
Apabila kondisi memungkinkan, fase vegetatif akan disusul dengan fase generatif yakni munculnya bunga majemuk yang menggantikan batang dan daun yang layu tadi. Kedua fase ini kan terjadi berulang dan terus menerus.
Saat bunga bangkai mengalami fase generatif (mekarnya bunga), bunga tertinggi ini mengeluarkan bau menyengat seperti bau bangkai. Bau busuk ini berfungsi sebagai pemikat bagi lalat dan kumbang yang mana serangga-serangga tersebut akan berkontribusi dalam proses penyerbukan. Apabila selama masa mekarnya terjadi pembuahan, maka akan terbentuk buah-buah berwarna merah dengan biji pada bagian bekas pangkal bunga. Dan bunga bangkai kemudian kembali memasuki fase vegetatif.
Mengenal Macam Jenis Bunga Bangkai (Amorphophallus). Terdapat sekitar 170 spesies bunga bangkai di seluruh dunia. Spesies yang terkenal di Indonesia diantaranya adalah:
  • Amorphophallus titanum (Bunga bangkai raksasa, Titan arum, suweg raksasa)
  • Amorphophallus gigas (Amorphophallus raksasa sumatera)
  • Amorphophallus decussilvae (Bunga bangkai jangkung, bunga bangkai jawa barat)
  • Amorphophallus beccarii; Amorphophallus campanulatus (Suweg); Amorphophallus oncophyllus (iles-iles, porang, ileus)
Bunga bangkai (Amorphophallus bulbifer)
Selain itu masih terdapat macam spesies bunga bangkai lainnya seperti: aberrans; A. abyssinicus (Indian Turnip); A. albispathus; A. albus; A. amygdaloides; A. andranogidroensis; A. angolensis; A. angulatus; A. angustispathus; A. ankarana; A. annulifer; A. antsingensis; A. aphyllus; A. asper; A. asterostigmatus (Voodoo Lily); A. atrorubens; A. atroviridis; A. bankokensis; A. bannanensis; A. barthlottii; A. baumannii; A. bequaertii; A. bonaccordensis; A. borneensis; A. boyceanus.
A. brachyphyllus; A. bufo; A. bulbifer (Corpse Flower); A. bulbifera; A. calabaricus; A. campanulatus; A. canaliculatus; A. carneus; A. cerneus; A. chlorospathus; A. cicatricifer; A. cirrifer; A. coaetaneus; A. consimilis; A. corrugatus (Snake Palm); A. curvistylis; A. dactylifer; A. declinatus; A. discophorus; A. dracontioides; A. dunnii (Voodoo Lily); A. dzui; A. eburneus; A. echinatus; A. eichleri (Voodoo Lily); A. elatus; A. elegans; A. excentricus; A. fallax; A. forbesii; A. fuscus; A. galbra; A. gallaensis; A. gallowayi; A. glaucophyllus; A. gliruroides; A. glossophyllus; A. goetzei; A. gomboczianus; A. gracilior; A. gracilis; A. haematospadix; A. harmandii; A. hayi; A. henryi (Taiwan Amorphophallus); A. hewittii (Giant Voodoo Lily); A. hildebrandtii; A. johnsonii; A. maximus; A. rhizomatosus; A. venustus; dll.
Semoga membuka wawasan kita akan kekayaan alam indonesia dan menyadarkan kita bahwa Indonesia memeliki keanekaragaman hayati yang tinggi termasuk dalam mengenal macam jenis bunga bangkai (Amorphophallus).
Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Liliopsida; Ordo: Alismatales; Famili: Araceae; Genus: Amorphophallus; Spesies: (lihat artikel)
Referensi dan gambar: zipcodezoo.com

1 komentar:

  1. Makasih ya atas sharenya sangat bermanfaat sekali tentang Bunga ini

    BalasHapus